Kamis, 24 Januari 2013

MENGAPA ALLAH BERJANJI AKAN MEMELIHARA DAN MENJAGA ALQURAN, TIDAK PADA KITAB-KITAB SEBELUMNYA


MENGAPA ALLAH BERJANJI AKAN MEMELIHARA DAN MENJAGA ALQURAN, TIDAK PADA KITAB-KITAB SEBELUMNYA

by Penjaga Kitabullah on Wednesday, September 12, 2012 at 9:09am ·
MENGAPA ALLAH BERJANJI AKAN MEMELIHARA DAN MENJAGA ALQURAN, TIDAK PADA KITAB-KITAB SEBELUMNYA

ALLAH TELAH BERJANJI AKAN MENJAGA DAN MEMELIHARA ALQURAN, SEBAGAI PETUNJUK TERAKHIR BAGI SELURUH UMAT MANUSIA

Seluruh Kitab suci, dan lembaran suci berupa petunjuk Allah kepada semua utsuan dan nabi, dirangkum dan disempurnakan di dalam AlQuran , diturunkan mll Rasul Muhammad saw, rasul bagi seluruh alam.

QS 5:48

وَأَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُم بَيْنَهُم بِمَا أَنزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِن لِّيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ [٥:٤٨]
Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,
﴿٤٨﴾


ALQURAN MENGGANTIKAN SELURUH KITAB SUCI YANG PERNAH DITURUNKAN OLEH ALLAH KEPADA SEMUA RASUL UTUSAN ALLAH

مسند أحمد ١٦٣٦٨: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ قَالَ أَخْبَرَنَا عِمْرَانُ الْقَطَّانُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمَلِيحِ الْهُذَلِيِّ عَنْ وَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُعْطِيتُ مَكَانَ التَّوْرَاةِ السَّبْعَ وَأُعْطِيتُ مَكَانَ الزَّبُورِ الْمَئِينَ وَأُعْطِيتُ مَكَانَ الْإِنْجِيلِ الْمَثَانِيَ وَفُضِّلْتُ بِالْمُفَصَّلِ

Musnad Ahmad 16368: 

Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Saya diberi ganti dari Taurat dengan as-saba' (tujuh surat dalam Al qur'an yang panjang-panjang). Saya diberi ganti dari Zabur dengan Al ma`in (surat yang jumlah ayatnya sekitar seratus). Saya diberi ganti dari Injil dengan Al matsani (yaitu surat yang terulang-ulang membacanya dalam setiap rekaat shalat) dan saya diberi tambahan dengan Al mufashal (surat yang dimulai dari QAF sampai akhir surat)."


LALU ALLAH, TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI BERJANJI AKAN SELALU MENJAGANYA

QS 15:9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ [١٥:٩]
Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.
﴿٩﴾


Janji tersebut yg belum pernah saya temukan di dalam kitab-kitab sebelumnya, sehingga para pemimpin agama umat Nabi-nabi terdahulu mencerai beraikannya menjadi lembaran-lembaran yang terurai. Sehingga kebanyakan mereka telah menyimpang dari jalan yang benar.  Disinilah sebenarnya hikmah Janji Allah akan menjaga AlQuran, karena Kitab suci ini adalah harapan dan sandaran terakhir bagi umat manusia seluruhnya. 

QS 6:91

وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ إِذْ قَالُوا مَا أَنزَلَ اللَّهُ عَلَىٰ بَشَرٍ مِّن شَيْءٍ ۗ قُلْ مَنْ أَنزَلَ الْكِتَابَ الَّذِي جَاءَ بِهِ مُوسَىٰ نُورًا وَهُدًى لِّلنَّاسِ ۖ تَجْعَلُونَهُ قَرَاطِيسَ تُبْدُونَهَا وَتُخْفُونَ كَثِيرًا ۖ وَعُلِّمْتُم مَّا لَمْ تَعْلَمُوا أَنتُمْ وَلَا آبَاؤُكُمْ ۖ قُلِ اللَّهُ ۖ ثُمَّ ذَرْهُمْ فِي خَوْضِهِمْ يَلْعَبُونَ [٦:٩١]
Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya, di kala mereka berkata: "Allah tidak menurunkan sesuatupun kepada manusia". Katakanlah: "Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu perlihatkan (sebahagiannya) dan kamu sembunyikan sebahagian besarnya, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang kamu dan bapak-bapak kamu tidak mengetahui(nya)?" Katakanlah: "Allah-lah (yang menurunkannya)", kemudian (sesudah kamu menyampaikan Al Quran kepada mereka), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.
﴿٩١﴾

Tetapi konsekuensinya adalah, bila masih saja ada manusia yang lalu sesat dan tidak mengikuti petunjukknya maka mungkin hukum baginya akan lebih berat, karena sudah ada Kitab suci petunjuk dan Hukum yang dijaga oleh Allah. 

Berbeda dengan umat-umat terdahulu, mereka kebanyakan menyimpang karena pemimpin agama pendahulunya telah merubah-rubah Kitab suci tersebut. Jadi menurut pengertian saya, Hukum bagi umat Islam yang menyimpang adalah lebih berat, dari umat-umat sebelumnya. 

Bila umat lain menanyakan, mengapa Allah juga tidak menjaga kitab-kitab sebelumnya, hal tersebut adalah sebagai ujian bagi umat-umat sebelumnya, apa mereka mau memegang teguh dan menjaganya, ternyata mereka gagal, lalu mencerai beraikannya. 

QS 5:62

مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا ۚ بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ [٦٢:٥]
Perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya Taurat, kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Amatlah buruknya perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah itu. Dan Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang zalim.
﴿٥﴾


Sedangkan Kitab suci AlQuran, karena merupakan petunjuk Allah yang terakhir bagi seluruh umat manusia, maka Allah menjaganya, untuk menguji apa manusia lalu akan teguh memegang dan mentaati hukum-hukumnya, atau sama saja dengan umat terdahulu menyimpang dari jalan-jalan Allah ?. 

Bila ternyata tetap sama saja dibanding umat pendahulunya, maka hukumnya adalah tambah berat, karena sudah ada hukum yang telah dijaga kemurniannya oleh Allah secara langsung, tetapi malah umat manusia tetap saja menyimpang dari Hukum-hukum Allah.


NABI MUHAMMAD SAW, NABI MUSA AS DAN KITAB TAURAT

Nabi Shallallahu'alaihiwasallam lalu bersabda: "Sungguh Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalaulah di antara kalian terdapat Musa, lalu kalian mengikutinya dan meninggalkanku, sungguh kalian sesat. Sungguh kalian adalah umat yang diperuntukkan bagiku, dan aku adalah nabi yang diperuntukkan bagi kalian'.


SEBAGIAN KESIMPULAN YANG DAPAT KITA AMBIL DARI URAIAN SAYA DIATAS ADALAH, UMAT-UMAT TERDAHULU DI UJI OLEH ALLAH AGAR MENJAGA DAN TETAP TEGUH BERPEGANG KEPADA PETUNJUK ALLAH BERUPA KITAB-KITAB SUCI YANG DITURUNKAN MLL PARA NABI UTUSAN ALLAH.

DAN MEREKA GAGAL..

UMAT ISLAM, SEBAGAI UMAT TERAKHIR, DIUJI OLEH ALLAH AGAR TETAP TEGUH BERPEGANG KEPADA HUKUM ALLAH BERUPA ALQURAN, DAN ALLAH BERJANJI AKAN MEMELIHARA DAN MENJAGA ALQURAN SELAMANYA.

BILA TETAP SAJA LALU GAGAL MENTAATI HUKUM ALLAH TERSEBUT, DAN MENYIMPANG DARI JALAN NYA, MAKA DOSANYA SUNGGUH SANGAT BESAR, BAHKAN LEBIH BESAR DARIPADA UMAT-UMAT TERDAHULU.


Catatan :

MUHAMMAD SAW DIUTUS UNTUK SELURUH UMAT MANUSIA

QS 34:28

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ [٣٤:٢٨]
Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.
﴿٢٨﴾


DEMIKIAN JUGA ALQURAN ADALAH UNTUK SELURUH UMAT  MANUSIA

QS 68:

وَمَا هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ لِّلْعَالَمِينَ [٦٨:٥٢]
Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat.
﴿٥٢﴾


MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA....



Baca juga ulasan saya berikut

AL-QURAN TIDAK SELENGKAP ALKITAB KRISTEN ?

KRISTEN MENANYAKAN, MANA DALILNYA BAHWA ALQURAN MENGOREKSI ALKITAB ?

KRISTEN BERKATA, "ADA PERBEDAAN ANTARA ALQURAN DENGAN KITAB-KITAB SEBELUMNYA"

SIAPAKAH YANG TELAH MENGARANG ALKITAB ???

KITAB-KITAB PARA NABI YANG ASLI

KRISTEN BERTANYA, MANA INJIL YANG ASLI ?

ALKITAB, SUDAH DIPALSUKAN

DALIL ALQURAN YANG MENYATAKAN TAURAT, ZABUR DAN INJIL TELAH DIPALSUKAN

NABI MUHAMMAD SAW, NABI MUSA AS DAN KITAB TAURAT
1Like ·  ·  · Promote · 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar