Penjelasan Masalah Haid secara dan Masalah yang Berkaitan dengan Haid

https://www.kanghaqie.info/Penjelasan Masalah Haid secara dan Masalah yang Berkaitan dengan Haid - Kali ini Fiqih Wanita akn menyampaikan masalah Haid dan masalah-masalah yang berkaitan dengan Haid namun saya ambil dari sebuah blog yang lebih dulu menjelaskan tentang masalah ini, yaitu blognya Kang Haqie.
Masalah ini sangat penting karena , banyak diantara kaum wanita yang tidak memahami akan sesuatu yang pasti datangnya, namun dari datangnya haid itu, ada beberapa hukum yang harus diperhatikan.
Masalah Haid, dan Perkara Yang di Haramkan Kepada Orang yang Sedang haid

Penjelasan Masalah Haid secara dan Masalah yang Berkaitan dengan Haid

Kang Haqie disini hanya menyampaikan apa yang dipahami, dan dirasa penting untuk disampaikan, karena sesama muslim itu bersaudara, oleh karena itu masalah Haid ini biasanya tidak dianggap penting terlebih oleh generasi saat ini, karena mereka tidak menyadari bahwa permasalahan ini jika tidak dipahami akan membawanya kedalam siksaan yang tiada hentinya, kenapa api siksaan ? karena masalah Haid ini erat kaitannya dengan Thaharah (bersuci) serta erat kaitanya dengan Shalat, bila tidak tahu, terkadang ada shalat yang seharusnya diganti (di Qodho ) karena ketidaktahuan jadi tidak diganti, maka dikhawatirkan termasuk salah satu orang yang akan masuk kedalam siksaan yang pedih, untuk itu mari bersama kita belajar dan pahami agar kita semua mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat. Aamiin.

Cara Memahami Masalah dan Menghitung Masa Haid Bagi Wanita - Salam Sahabat Kang Haqie semua, kali ini akan menyampaikan tentang permasalahan wanita, yang hukumnya wajib untuk dipahami oleh semua wanita muslimah, yaitu Berbagai Hal yang berkaitan dengan Masalah Haid dan berbagai hal yang yang berkaitan dengan Masa Haid, Kenapa harus memahaminya ? Karena kita tentu berharap kelak dikehidupan yang kekal menginginkan keselamatan, oleh karena itu kita dituntut untuk memahaminya. Karena seorang perempuan selamat dan tidaknya kelak dikehidupan mendatang salah satunya tergantung seberapa paham kepada permasalahan Haid.

Cara Memahami Masalah dan Menghitung Masa Haid Bagi Wanita Muslimah

Kang Haqie disini hanya menyampaikan apa yang dipahami, dan dirasa penting untuk disampaikan, karena sesama muslim itu bersaudara, oleh karena itu masalah Haid ini biasanya tidak dianggap penting terlebih oleh generasi saat ini, karena mereka tidak menyadari bahwa permasalahan ini jika tidak dipahami akan membawanya kedalam siksaan yang tiada hentinya, kenapa api siksaan ? karena masalah Haid ini erat kaitannya dengan Thaharah (bersuci) serta erat kaitanya dengan Shalat, bila tidak tahu, terkadang ada shalat yang seharusnya diganti (di Qodho ) karena ketidaktahuan jadi tidak diganti, maka dikhawatirkan termasuk salah satu orang yang akan masuk kedalam siksaan yang pedih, untuk itu mari bersama kita belajar dan pahami agar kita semua mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat. Aamiin.
Related

    7 Larangan Dalam Islam bagi Wanita yang Sedang Menstruasi - Kang Haqie
    Fiqih Wanita : Cara Mengetahui siklus haid normal menurut Ilmu Fiqih
    Usia Yang Paling IDEAL untuk Menikah Menurut AGAMA

Wanita Muslimah, Mari Pahami Masalah Haid sejak Dini
Sahabat, Darah yang keluar dari kemaluan wanita ada 3 macam, diantaranya adalah :

    Darah Haid
    Darah Nipas
    Darah Istihadhah ( Istihadhah ---> Darah Tolkin dan Darah Mutahayyiroh )

Masalah yang hukumnya Wajib diketahui oleh Laki-laki karena mungkin suatu saat akan menjadi suami atau kepala Rumah tangga dan mungkin akan mempunyai anak perempuan, yang wajib memberikan pengetahuan tentang haid kepada mereka semua terkhusus bagi wanita itu sendiri harus benar-benar paham. Inilah beberapa masalah yang berkaitan dengan haid , diantaranya :

    Tahunnya Haid
    Sedikitnya Masa haid
    Banyaknya Masa Haid
    Berhentinya Masa Haid
    Sedikitnya Masa Suci antara Haid dengan Haid
    Sedikitnya Masa Suci Antara Haid dan Nipas
    Hal-Hal Yang diharamkan Bagi orang yang sedang Haid
    Kewajiban Bagi wanita yang sedang Haid

Mengetahui dan Memahami Tahunnya Haid
Jika kita seorang ibu, harus mengerti, karena putrinya mungkin akan bertanya tentang permasalahan ini, apalagi yang pertama kalinya haid (menstruasi) ibu harus aktif dan sering-seringlah komunikasi dengan putrinya, karena menurut penelitian kami, banyak anak yang pertama kali haid itu malu untuk membicarakan tentang hal ini, untuk itu seorang ibu situntut harus lebih aktif berkomunikasi dengan anaknya.

Anak Perempuan yang mungkin keluar darah Haid itu dalam berbagai kajian ilmu Fiqih perkiraannya harus sudah sembilan tahun hitungan tahun Hijriah bukan 9 tahun hitungan masehi, kenapa yang dipakai 9 tahun bangsa Hijriah, karena jelas perhitungan atau jumlah harinya pun berbeda antara tahun hijriah dengan tahun Masehi. Mari kita teliti selisih antara kedua tahun tersebut.
1 Tahun Hijriah = 12 Bulan Jika dihitung ke hitungan hari = 354 Hari
1 Tahun Meshi  = 12 Bulan Jika dihitung Ke hitungan hari = 365 Hari

Yang menjadi hukum dalam menentukan wanita 9 tahun Menstruasi adalah tahun Hijriah karena perbedaan jumlah hari yang lumayan jauh. kita lihat lagi :

9 Tahun Ukuran Tahun Masehi bila dihitung kepada hari   = 9 x 365 hari = 3.285 Hari
9 Tahun Ukuran Tahun Hijriah bila dihitung kedalam hari = 9 x 354 hari = 3.186 hari

Maka kita dapat mengetahuinya akan perbedaannya, jelas lebih banyak 9 tahun ukuran tahun Masehi, selisihnya 3.285 - 3.186 = 99 hari, maka dari itu 9 tahun bangsa Hijriah menjadi hukum atau patokan bagi anak perempuan yang pertama kali haid. Adapun sekarang ini, 9 tahun kebanyakan belum haid, dan biasanya sudah mulai haid itu pada usia 12 tahun atau sekitar SD kelas 6.
Memahami Sedikitnya Masa Haid
Masalah ke 1 : Sedikitnya Masa haid adalah satu hari satu malam atau 24 jam, dalam waktu 24 jam darahnya keluar terus tiap jam, contoh :

Seorang Wanita Keluar darah Haid tanggal 1 Januari, nah tanggal 2 Januari darahnya surut/kering, itu disebut darah Haid. dengan waktu paling sedikit yakni 1 hari satu malam. lihat contoh Tabel dibawah ini :
Cara Memahami Masalah dan Menghitung Masa Haid Bagi Wanita Muslimah
Bagian-bagian Masa Haid Yang Wajib dipahami
Sahabat, dalam hal ini ada 3 masalah, diantaranya ;

    Sedikitnya Masa Haid adalah 1 hari 1 Malam ( 24 Jam )
    Ghalibnya Masa Haid yaitu 6-7 hari
    Dan Paling Lamanya Masa haid yaitu 15 hari

Penjelasan dari yang paling sedikit, yang galib dan yang paling banyak yaitu 15 hari, semuanya harus sampai pada 24 Jam.

Yang 1 hari harus ada 24 Jam
Yang 6 Hari harus ada 24 Jam dan
Yang 15 hari juga harus ada 24 jam

Contoh Tabel yang 6 Hari harus ada 24 Jam, karena bila kurang dari 24 jam , maka itu bukan darah haid melainkan darah Istihadzah, untuk itu kita harus paham cara menghitung jam nya, jangan salah menghitung, kebiasaan dari kebanyakan wanita muslimah yang dihitung itu adalah jumlah harinya, padahal yang harus dihitung itu adalah Jumlah Jam nya harus sampai pada 24 Jam.


nah ini contoh dalam Tabel yang Haidnya 6 Hari, harus ada 24 Jam, Bagaimana cara menghitungnya..?
Caranya menghitungnya, kamu hitung dari awal mula keluar darah Haid, Misalkan contohnya : Difa hari Pertama Keluar Haid Jam 1 Siang, nah hitung dari jam 1 Siang, Intinya kamu sebagai wanita muslimah, haru bisa memperkirakan berapa jam keluar darah haid dari jam 1 siang sampai mau tidur, misal mau tidur biasanya ganti pembalut dulu, nah harus bisa memperkirakan, berapa jumlah jam, misal diperkirakan dari jam 1 siang sampai jam 10 Malam diperkirakan 2 Jam keluar haidnya. Ketika tidur sampai bangun lagi pagi-pagi, bahkan sampai jam 1 siang lagi 2 jam, dengan demikian 1 Hari satu malam ada 4 Jam darah haid nya keluar. itu baru 1 hari, lanjutkan sampai 6 hari, jika hitungannya benar, maka ketika 6 hari kedepan, sudah pasti darah haid akan berhenti, dan kita tidak akan mangmang ( Ragu ) untuk melakukan mandi besar.

Sama halnya yang 15 hari juga tidak jauh beda dalam cara menghitungnya, namun terkadang ada yang seperti ini

Contoh kasusnya : hari ke 1, 2, 3 keluar darah, hari ke 4 dan ke 5 tidak ada keluar darah, dan hari ke 6 keluar lagi, bila seperti ini, jangan panik, cara hitungnya tetep sama, namun, pada waktu darah tidak keluar, seperti tadi contohnya, hukumnya bagaimana, apa harus mandi besar, dan jika waktu shalat datang harus shalat..? Jawabannya tidak wajib Mandi dan tidak wajib Shalat, karena pada waktu darah haid tidak keluar, itu masih dalam hitungan masa haid.

Masa Berhentinya Haid
Masa berhentinya Haid atau Monopause, itu juga harus kita pahami karena sangat erat kaitannya dengan masalah 'Iddah, dalam usia berhentinya Haid tentunya berbeda beda ini tergantung hormon yang aktif dalam tubuh masing-masing, diantaranya ada beberapa pendapat :

    Berhenti Usia 50 Tahun
    60 Tahun
    62 Tahun
    85 Tahun

Yang paling mu'tamad atau shohih ulama yaitu usia 62 Tahun.
Hal-Hal yang Diharamkan bagi Wanita yang sedang HAID
Ada beberapa hal yang haram dilakukan oleh wanita yang sedang haid diantaranya :

    Haram melakukan Shalat (Shalat pardhu atau Sunat)
    Haram Melakukan Thawaf Haji
    Haram Menyentuh Al-Qur'an
    Haram Membawa Al-Qur'an
    Haram Diam di dalam Mesjid
    Haram Melewati Mesjid (jalan didalam mesjid)
    Haram Membaca Al-Qur'an
    Haram Puasa
    Haram Diceraikan
    Haram Bersenggama (Hubungan Suami Isteri)

itulah yang dapat disampaikan tentang cara bagaimana Memahami Masalah Haid, dan semoga artikel yang singkat ini dapat memberi pencerahan, pada wanita muslimah, karena toh masalah ini sudah banyak dilupakan , terutama oleh generasi saat ini, haid hanya dijadikan sebagai tanda fitrahnya sebagai perempuan, padahal lebih jauh dari itu pentingnya masalah haid, karena berkaitan dengan shalat, puasa dan sebagainya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber blog kang haqie

0 Response to "Penjelasan Masalah Haid secara dan Masalah yang Berkaitan dengan Haid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel